Pages

Rabu, 13 Agustus 2014

Profil Wirausaha Sukses di Indonesia Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja merupakan salah satu wirausaha yang sukses di Indonesia dan menjadi salah satu profil wirausaha sukses di Indonesia yang dapat menjadi panutan. Eka Tjipta Widjaja yang lahir di Fujian tepatnya di Coan Ciu, Republik Raykat Cina dan mempunyai nama aslinya Oei Ek Tjhong lahir pada tanggal 3 Oktober 1923. Dia adalah seorang wirausaha dan pengusaha sekaligus pendiri dari Grup Sinar Mas dan dia juga merupakan seorang pendiri dari Yayasan Eka Tjipta Foundation. Eka Tjipta Widjaja merupakanprofil orang yang sukses terkaya nomor dua di Indonesia berdasarkan majalah Globe Asia karena memiliki kekayaan mencapat 4 miliar Dollar Amerika. Eka Tjipta Widjaja dilahirkan di keluarga yang miskin di Fujian, Cina. Lalu pada tahun 1931, dia melakukan migrasi menuju kota Makassar di Sulawesi Selatan.
Jiwa bisnis dari profil wirausaha sukses di Indonesia ini yaitu Eka Tjipta Widjaja sudah terlihat dari umur sembilan tahun.

Pada saat itu, dia dan keluarganya sedang hidup di dalam kemiskinn. Lalu Eka membantu ayahnya untuk berjualan di Ujung Pandang Indonesia dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan Eka berkeliling dari rumah ke rumah. Walaupun hanya bisa berkomunikasi dengan bahasa Hokkian, seorang yang saat ini wirausaha yang sukses ini tidak pernah patah semangatnya dalam berjualan. Dia menggunakan bahasa tubuh saat menjual barang dagangannya pada saat itu. Lalu karena tidak berbakat sebagai pedangan, dia memutuskan untuk berjualan biskuit dan gula-gula di usianya yang terbilang masih sangat belia. Karena dia tidak mempunyai modal, Eka bermaksud untuk mengambil barangnya dahulu dan setelah mendapatkan uang barulah dibayar. Tentunya dengan maksud Eka tersebut tidak dapat langsung dipercaya dari toko-toko grosir. Hal itu juga tidak membuatnya putus asa, Eka pun memberikan jaminan ijazah SDnya kepada toko grosir tersebut. Dengan cara ini perlahan Eka mendapat kepercayaan dan usaha berjualan biskuit dan gula-gula ini dengan pelan tapi pasti terus berkembang sampai pada akhirnya dia bisa berjualan menggunakan becak yang berhasil disewanya.

Saat bisnisnya mulai berkembang sukses, dia sempat mengalami goncangan dan saat Jepang masuk Makassar di tahun 1941 dia jatuh miskin lagi. Namun dengan semangat pantang menyerahnya dia tetap bersemangat dalam kembali membangun usahanya. Profil wirausaha sukses di Indonesia Eka Tjipta Widjaja ini patut dicontoh dimana ia kembali melihat peluang wirausaha pada di saat tentara Jepang di Makassar Indonesia sedang membuang banyak bongkahan yang berupa sak tepung terigu, besi-besi bekasi, semen dan Eka mampu melihatnya sebagai peluang bisnis. Barang-barang tersebut dibawanya ke rumah dan dikemas kembali menjadi menarik dan hasilnya ternyata laku dijual kembali.

Profil wirausaha sukses di Indonesia dari Eka Tjipta Widjaja memang seorang yang pantang menyerah dan dari kekayaan mental tersebut, usaha demi usaha wirausaha yang dijalaninya berbuah menjadi manis dan sukses dengan Sinar Mas di Indonesia yang saat ini mempunyai empat sayap utama di dalam bidang bubur kertas, finansial, real estate dan agrobisnis. Sosok Eka bukan hanya mempunyai jiwa bisnis saja namun juga memiliki jiwa sosial dengan mendirikan Eka Tjipta Foundation sebagai bentuk dari kepedulian sosialnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar